Man.Pemasaran

User Rating:  / 0
User Rating:  / 0

Manajemen pemasaran jika kita perhatikan kata tersebut berasal dari dua kata yang pertama kata “manajemen” dan yang kedua kata “pemasaran”, jadi pengertian manajemen pemasaran berasal dari gabungan dua pengertian.

A. Penjelasan manajemen pemasaran

Kata manajemen sering di definisikan sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Faktor terpenting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Jadi pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi dan konsumsi.

Jadi yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling (pengawasan) atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan supaya dapat tercapainya target atau tujuan perusahaan secara lebih efesien dan efektif. Itulah definisi manajemen pemasaran secara umum, lalu fungsi manajemen pemasaran sendiri seperti meliputi riset pembeli atau konsumen, pengembangan produk, komunikasi dan promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan pada konsumen. Tentunya semua kegiatan ini dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

B. Inilah beberapa pengertian atau definisi manajemen pemasaran menurut para ahli

  • Menurut, Buchari Alma (2004 : 130) – Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian di pemasaran.
  • Lalu menurut, Philip Kotler/Armstrong (2002 : 14) – Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi

C. Berikut ini unsur dalam manajemen pemasaran

Terdapat 3 (tiga) unsur yang penting dalam manajemen pemasaran diantaranya sebagai berikut:

  1. Orientasi pada konsumen atau pembeli, Umumnya produsen menghasilkan produk untuk upaya memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen ialah orientasi paling utama yang harus di pertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi bisnis. Demikian juga dalam proses marketing atau penjualan, maka dalam bisnis selalu mengedepankan pihak konsumen yang merupakan strategi dari bagian konsep pemasaran yang perlu di perhatikan. Sebab konsumen bisa di bilang sebagai raja, dan pihak produsen atau perusahaan adalah pelayan yang harus melayani kebutuhan raja (konsumen) yaitu dengan berbagai macam tawaran yang menarik, baik itu dari segi produk yang dihasilkan maupun dari segi pelayanan yang di sediakan. Manajemen pemasaran menyetujui konsep pemasaran yang terbaik dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas yang paling utama.
  2. Perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh, Manajemen pemasaran menyetujui adanya pengaturan secara dinamis sebagi bentuk penyusunan kegiatan-kegiatan dari pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam bidang pemasaran, strategi, implementasi, penganalisaan, controlling (pegawasan) dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran harus dilakukan secara tersusun, dan diatur secara rinci atau detail dan jelas, sehingga bisa mempermudah dalam proses pelaksanaan dan contolling (pengawasan). Manajemen pemasaran menyetujui suatu upaya yang sistematis yang jelas sehingga dapat dilakukan penganalisaan dan controlling (pengawasan) terhadap hasil yang di dapat. Evaluasi terhadap suatu manajemen pemasaran salah satunya juga di dasarkan atas kegiatan penyusunan secara menyeluruh tersebut.
  3. Kepuasan konsumen, Kepuasan konsumen menjadi unsur yang penting juga yang harus di perhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Manajemen pemasaran yang bagus yaitu menyetujui adanya hasil keputusan para konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses pemasaran yang berjalan. Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana cara maupun starategi pemasaran yang dijalankan.

D. Beberapa tugas manajer dalam manajemen pemasaran

Dalam hal ini manajer memiliki banyak pekerjaan yang bisa di lihat dari segi fungsi manajemen yang dijalankan di bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen tersebut di jalankan untuk dapat menubah sumber daya manjadi suatu produk yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Keinginan konsumen sangatlah beragam dan selalu berubah-ubah serta tak semuanya bisa terpenuhi. Kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi ini biasanya menjadi suatu keuntungan atau peluang bagi pembisnis yang perlu di manfaatkan.

Tugas manajer pemasaran bisa di tinjau dari segi fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen tersebut dijalankan untuk dapat menubah sumber daya menjadi produk yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan konsumen, tugasnya diantaranya seperti di bawah ini:

  • Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dari konsumen.
  • Mengembangkan suatu konsep produk atau barang yang ditujukan untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar.
  • Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan maupun merk.
  • Menetapkan harga supaya memperoleh Return on investment yang layak.
  • Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan.
  • Dan menciptakan komunikasi pemasaran yang baik, dengan memakai media atau cara lain yang terpenting caranya tepat.

Mungkin sekian artikel mengenai pengertian manajemen pemasaran dan fungsinya, semoga artikel ini dapat dipahami…

Sumber : http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-manajemen-pemasaran-dan-fungsinya.html

User Rating:  / 0
User Rating:  / 0

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli

  • Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
  • Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
  • Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)
  • American Marketing Association, menterjemahkan pemasaran sebagai berikut: Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.
  • Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mendefinisikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
  • Definisi Pemasaran menurut William J. Stanton adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Konsep Manajemen Pemasaran

Falsafah konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Secara definitif dapat dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).

Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran

  • Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen

Konsep Manajemen pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran

  1. Produk (barang, jasa, ide); Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
  2. Nilai; Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.
  3. Biaya; Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
  4. Kepuasan; Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak
  5. Pasar; Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.

Perencanaan Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:

  • Target Market; adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
  • Bauran Pemasaran (Marketing Mix); adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang sangat strategis dipasar.

Ditulis oleh

Sumber : https://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html

Pada tanggal 18 - 19 Februari 2019 yang lalu, tim pengajar FEB ULM yang terdiri dari Laila Refiana Said, PhD, Rawintan Binti E., M.Sc dan Anna Nur Faidah, M.Si. bersilaturrahim serta beraudiensi dengan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Bapak Habib H. Said Ismail. Kemudian diikuti dengan silaturrahim dan audiensi dengan Walikota Palangka Raya, Bapak Fairid Naparin yang dilanjutkan dengan Sosilisasi Kelas Internasional S1 Jurusan Manajemen FEB ULM di SMA Negeri 2 Palangka Raya & SMA Bina Cipta Utama, Kalimantan Tengah.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kamis (4/10/2018) pukul 11.00 Wita. Para Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat lakukan kunjungan silaturahmi di kantor Banjarmasin Post,

Pada hari Sabtu, tanggal 4 Agustus 2018, bertempat di Hotel Le Polonia Hotel Medan, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat telah menandatangani Memorandum Of Agreement dengan 11 Prodi Manajemenyang tergabung dalam Asosiasi Program Studi Manajemen dan Bisnis di Indonesia,

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unlam telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Program Studi manajemen FEB Unlam untuk mahasiswa bari jurusan Manajemen Tahun 2018, sebagai bagian dari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun 2018

Pada tanggal Senin 6 November 2017 bertempat di Lapangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat menyelenggaran Acara Pembukaan Penyelenggaraan Harlah FEB yang ke 59 Tahun 2017 di Open Space Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM oleh Bapak Dekan Dr. H. M. Riza Firdaus, SE, MM.

Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggandeng tiga kementerian untuk membahas kendala yang dialami Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam meraih target masuk dalam daftar 500 besar universitas di dunia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Indonesia (Kemenristekdikti) kondisi pendidikan tinggi di Indonesia memang sudah mengalami loncatan besar beberapa tahun belakangan. Namun, masih jauh dari ambisi Nawacita. Ada beberapa peran di luar pemerintah yang harus ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Pilihan Pembaca

  • Paling Populer
  • Urutan
  • Judul

Tracer Alumni ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni ULM

Pemahaman Visi-Misi S1 Manajemen

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Pemahaman Visi Misi S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Evaluasi Diri Lulusan S1 Manajemen FEB ULM

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Evaluasi Diri Calon Lulusan S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni S1 Manajemen

Silahkan klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni S1 Prodi. Manajemen FEB ULM

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

Tracer Pengguna Lulusan FEB ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Pengguna Lulusan (Stake Holder) FEB ULM

Dr. Zakhyadi Ariffin, Drs, M.Si

N I P :  19600208 198703 1 001 Gol / Fungsional ...

Prof. Dr. Marijati Sangen, MM

N I P :  19470414 197510 2 001 Gol / Fungsional ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Akreditasi Prodi Manajemen

Nilai Akreditasi Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung ...

Suasana Akademik

Banjarmasin sebagai salah satu kota di Kalimantan menawarkan berbagai aktivitas kebudayaan ...

Bahan Workshop HLM

Silahkan Klik di Sini untuk Download Bahan Workshop Method HLM 

Audiensi & Sosialisasi Kelas Pra Internasional S1 ...

Pada tanggal 18 - 19 Februari 2019 yang lalu, tim pengajar FEB ULM yang terdiri dari Laila Refiana ...

Visi, Misi dan Tujuan

VISI Tanggal 8 Juni 2017 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung ...

Sabtu, 6 Oktober 2018 : Temu Alumni Jurusan ...

di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, Jam 7.00 Wita - Selesai. Himpunan ...

Kurikulum, Profil & Kompetensi Lulusan S1 Prodi. ...

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, ...

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

"Golden Year" Berwirausaha

Berapa umur terbaik untuk mulai berwirausaha? 20 tahun hingga menjelang usia 30 tahun. Itu ...

1-6 November 2017 : Peringatan Harlah FEB ULM ke ...

bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

24 - 26 Oktober 2017 : Workshop Penulisan Artikel ...

Bertempat di lantai II Kapuas Room Hotel Aria Barito Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas ...

4 Strategi Bisnis yang Cocok untuk Usaha Kecil ...

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut ...

6 Kesalahan yang Sering Bikin Bisnis Gagal di ...

Liputan6.com, Jakarta - Pasti Anda pernah membaca daftar orang terkaya di dunia. ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Abdul Hadi, SE, M.Si

N I P :  19700707 200501 1 001 Gol / Fungsional ...

Tips Bekerja

Survei Civitas Akademika

Video Profil Prodi Manajemen

  • Indicators
  • Winners
  • Losers

99544
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
810
605
4269
14937
26511
5384
99544

Your IP: 18.234.111.56
Server Time: 2019-04-19 23:06:27

Who's Online

We have 11 guests and no members online

Berita Ekonomi, Bisnis, Keuangan, Perbankan, Market, Wirausaha dan IPTEKS

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Keuangan
  • Perbankan
  • Market
  • Wirausaha
  • IPTEKS
  • <
  • 1
  • >

Testimoni Alumni

Dewy Karina, SE : Staf HRD PT GPS Banjarmasin

Suasana perkuliahan yang menyenangkan apalagi dengan suasana saat itu kampus baru, demikian juga dosen-dosen yang benar-benar memberikan pembelajaran dan pembimbingan. Ilmu yang didapat selama perkuliahan dapat memberikan pengetahuan kemampuan baik dari segi teknis maupun managerial serta membuat mahasiswa mampu mengembangkan prestasi akademik dan non akademik.

Lokasi Kampus

  • Kampus FEB ULM, Jalan Brigjend. H. Hasan Basry, Kayu Tangi Banjarmasin, 70123
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Telp : +62-511-3305116
  • Faxs : +62-511-3306654

Website Kampus FEB ULM

Who's Online

We have 11 guests and no members online

Template Settings

Color

For each color, the params below will be given default values
Blue Oranges Red

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Spotlight3

Background Color

Spotlight4

Background Color

Spotlight5

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction