Salah satu hal yang harus dikedepankan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah menyertakan partisipasi mahasiswa di dalam kelas. Selain untuk membangun komunikasi dengan mahasiswa, dosen juga dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan bagi para mahasiswa. Jika situasi ini tak terbangun, bisa jadi mahasiswa akan merasa canggung berbicara dengan dosen dan komunikasi tidak akan berjalan baik. Akibatnya, dosen juga akan mengalami kesulitan untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan mahasiswa. Oleh karena itu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah dilakukan upaya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan yang memotivasi mahasiswa dapat belajar dengan giat dan berprestasi.

Beberapa hal yang dilakukan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah:

  1. Ciptakan iklim yang nyaman buat anak didik Anda. Iklim yang nyaman akan menghilangkan kecanggungan mahasiswa, baik sesama dosen maupun antar mahasiswa sendiri. Hal ini juga bisa mendorong mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan, sehingga komunikasi antara pendidik dan anak didik dapat terbangun. Sebagai dosen, Anda dapat menjelaskan kepada mahasiswa bahwa tidak akan ada mahasiswa lain yang akan mengejek ketika ia bertanya. Beri motivasi kepada mahasiswa bahwa dengan bertanya, akan memudahkannya untuk lebih mengetahui tentang sesuatu hal daripada hanya diam mendengarkan.
  2. Dengarkan dengan serius setiap komentar atau pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa Anda. Jika mahasiswa Anda mengajukan pertanyaan, sebisa mungkin fokus dan memperhatikannya. Meski sederhana, hal ini akan menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa karena ia merasa diperhatikan. Seringkali mahasiswa merasa kurang percaya diri sehingga enggan untuk memberikan kontribusi di dalam kelas. Nah, tugas Anda sebagai dosen, membangun kepercayaan diri mahasiswa dengan menunjukkan perhatian-perhatian saat mahasiswa merasa sedang ingin didengarkan.
  3. Jangan ragu memberikan pujian kepada mahasiswa. Anda juga bisa mencoba dengan memuji setiap komentar yang diajukan oleh anak didik Anda. Misalnya, "Oh, itu ide yang sangat bagus" ,atau "Pertanyaan kamu bagus, itu tidak pernah saya pikirkan sebelumnya”.
  4. Beri pertanyaan yang mudah dijawab. Jika hal di atas belum juga berhasil untuk mengajak mahasiswa memberikan komentar atau pertanyaan, giliran Anda untuk mengajukan pertanyaan memancing yang bisa membuat anak didik Anda tidak lagi bungkam di dalam kelas. Pastikan pertanyaan Anda mampu dijawab oleh mahasiswa, sehingga saat menjawab secara tidak langsung melatih mahasiswa untuk berbicara. Saat mahasiswa sudah mulai merespon, beri senyum kepada mahasiswa yang sudah berkomentar. Hal ini akan mengurangi rasa canggung yang biasa ia perlihatkan.
  5. Biarkan mahasiswa mengetahui mata kuliah sebelum kelas dimulai. Minta agar para mahasiswa mempelajari bahan yang nantinya akan Anda tanyakan. Sehingga, ia akan mempersiapkannya terlebih dulu. Jika saat anda bertanya dan para mahasiswa tidak merespon, ubah format pertanyaan anda yang hanya membutuhkan jawaban "ya" atau "tidak".
  6. Controlling. Kontrol para mahasiswa dengan alat kontrol yang Anda miiliki. Gunanya adalah untuk mengetahui seberapa banyak mahasiswa yang biasanya berpartisipasi dalam kelas. Jika Anda menemukan beberapa mahasiswa yang tingkat partisipasinya dalam kelas sangat kurang, maka ajak ia berkomunikasi secara pribadi. Mungkin dengan begitu ia akan merasa percaya diri. Selain itu, jika yang Anda temukan hanyalah permasalahan kurang percaya yang menjadikannya diam selama kelas berlangsung, maka tugas Anda selanjutnya adalah memberi ia tugas yang bisa membantunya untuk berkomunikasi. Misalnya, tugas berpidato dalam kelas.

Selain itu, keakraban antara dosen dan mahasiswa sangat menentukan keberhasilan belajar bagi mahasiswa. Jika hal ini terjalin suasana belajar akan lebih santai dan mahasiswa akan lebih mudah menangkap mata kuliah. Mahasiswa tidak akan merasa sungkan bertanya jika mereka tidak mengerti karena salah satu jalan membuat mahasiswa cepat mengerti adalah dengan cara bertanya. Mengajar kelompok kecil dan perorangan merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan dosen memberikan perhatian terhadap setiap peserta didik, dan menjalin hubungan yang lebih akrab antara dosen dengan peserta didik maupun antara peserta didik dengan peserta didik yang lain. Khusus dalam melakukan pembelajaran perorangan perlu diperhatikan kemampuan dan kematangan berfikir peserta didik, agar apa yang disampaikan bisa diserap dan diterima oleh peserta didik. Penguasaan terhadap semua ketrampilan mengajar di atas harus utuh dan terintegrasi, sehingga diperlukan latihan yang sistematis, misalnya melalui pembelajaran mikro.

Silahkan diunduh kententuan Rektor Universitas Lambung Mangkurat terkait pembebasan atau keringanan UKT Semester ganji 2020/2021: (silahkan unduh surat edaran dan pendukungnya dengan menggunakan email ULM) Surat Edaran Rektor ULM dan Formulir Pendukung Untuk pengajuan

Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggandeng tiga kementerian untuk membahas kendala yang dialami Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam meraih target masuk dalam daftar 500 besar universitas di dunia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Indonesia (Kemenristekdikti) kondisi pendidikan tinggi di Indonesia memang sudah mengalami loncatan besar beberapa tahun belakangan. Namun, masih jauh dari ambisi Nawacita. Ada beberapa peran di luar pemerintah yang harus ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Pilihan Pembaca

  • Paling Populer
  • Urutan
  • Judul

Pemahaman Visi-Misi S1 Manajemen

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Pemahaman Visi Misi S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni ULM

Evaluasi Diri Lulusan S1 Manajemen FEB ULM

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Evaluasi Diri Calon Lulusan S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni S1 Manajemen

Silahkan klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni S1 Prodi. Manajemen FEB ULM

Tracer Pengguna Lulusan FEB ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Pengguna Lulusan (Stake Holder) FEB ULM

Dr. Zakhyadi Ariffin, Drs, M.Si

N I P :  19600208 198703 1 001 Gol / Fungsional ...

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

Prof. Dr. Marijati Sangen, MM

N I P :  19470414 197510 2 001 Gol / Fungsional ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Sejarah

Perkembangan Pendidikan Tinggi di Kalimantan Selatan dimulai dengan berdirinya Akademi Perniagaan ...

Suasana Akademik

Banjarmasin sebagai salah satu kota di Kalimantan menawarkan berbagai aktivitas kebudayaan mulai ...

Lambung Mangkurat Medical Center (LMMC)

Lambung Mangkurat Medical Center ini berguna apabila ada mahasiswa atau civitas akademika ULM yang ...

Pengajuan Ujian Proposal Skripsi dan Skripsi ...

Bagi mahasiswa Jurusan Manajemen FEB ULM yang hendak melakukan ujian proposal skripsi dan ujian ...

Bahan Workshop HLM

Silahkan Klik di Sini untuk Download Bahan Workshop Method HLM 

Visi, Misi dan Tujuan

VISI Tanggal 8 Juni 2017 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung ...

Kurikulum, Profil & Kompetensi Lulusan S1 Prodi. ...

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, ...

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

"Golden Year" Berwirausaha

Berapa umur terbaik untuk mulai berwirausaha? 20 tahun hingga menjelang usia 30 tahun. Itu ...

1-6 November 2017 : Peringatan Harlah FEB ULM ke ...

bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

24 - 26 Oktober 2017 : Workshop Penulisan Artikel ...

Bertempat di lantai II Kapuas Room Hotel Aria Barito Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas ...

4 Strategi Bisnis yang Cocok untuk Usaha Kecil ...

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut ...

6 Kesalahan yang Sering Bikin Bisnis Gagal di ...

Liputan6.com, Jakarta - Pasti Anda pernah membaca daftar orang terkaya di dunia. ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Abdul Hadi, SE, M.Si

N I P :  19700707 200501 1 001 Gol / Fungsional ...

Tips Bekerja

Survei Civitas Akademika

Video Profil Prodi Manajemen

normal-view3

Profil ULM

normal-view3

Sekilas Profil FEB ULM

normal-view3

Profil S1 Manajemen FEB ULM

normal-view3

Profil Diploma III FEB ULM

  • Indicators
  • Winners
  • Losers

1401199
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1514
8750
46954
1234428
78440
261261
1401199

Your IP: 18.232.188.89
Server Time: 2020-07-10 04:25:22

Who's Online

We have 110 guests and no members online

Berita Ekonomi, Bisnis, Keuangan, Perbankan, Market, Wirausaha dan IPTEKS

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Keuangan
  • Perbankan
  • Market
  • Wirausaha
  • IPTEKS
  • <
  • 1
  • >

Testimoni Alumni

Dewy Karina, SE : Staf HRD PT GPS Banjarmasin

Suasana perkuliahan yang menyenangkan apalagi dengan suasana saat itu kampus baru, demikian juga dosen-dosen yang benar-benar memberikan pembelajaran dan pembimbingan. Ilmu yang didapat selama perkuliahan dapat memberikan pengetahuan kemampuan baik dari segi teknis maupun managerial serta membuat mahasiswa mampu mengembangkan prestasi akademik dan non akademik.

Lokasi Kampus & Kontak Kami

  • Kampus FEB ULM, Jalan Brigjend. H. Hasan Basry, Kayu Tangi Banjarmasin, 70123
  • manajemen@ulm.ac.id
  • Telp : +62-511-3305116
  • Faxs : +62-511-3306654

Website di Lingkungan FEB ULM