Profesionalisme dosen berhubungan erat dengan kualitas pendidikan tinggi. Kehadiran dosen yang profesional akan mempengaruhi Proses Belajar Mengajar yang baik dan benar, dengan demikian secara pasti dan signifikan akan mempengaruhi kualitas pendidikan yang tercermin dari serapan lulusan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kesimpulan seperti yang disampaikan dalam tulisan ini, telah didukung banyak penelitian di dalam maupun di luar negeri. Oleh karenanya semakin tinggi kualitas pendidikan akan semakin mampu memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, bangsa dan negara.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, di mana dunia berubah begitu cepat, perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan yang lebih kompleks. Berkat kemajuan sains dan teknologi, metodologi pendidikan juga melaju pesat dengan bertumpu pada metode serta teknologi mutakhir. Di tengah situasi ini, tidak ada jalan lain bagi perguruan tinggi kecuali memulai merumuskan program pengembangan komprehensif, termasuk peningkatan profesionalisme para dosennya dengan memperhatikan kompetensi pedagogik.

Sebagai salah satu pilar utama perguruan tinggi, tingkat kompetensi pedagogik dan integritas personal para dosen menjadi salah satu faktor yang menentukan optimalisasi proses pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi. Jika para dosen tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta perubahan metode atau teknologi pendidikan yang berubah cepat, maka yang terancam bukan hanya masa depan para lulusannya, tetapi juga keberadaan dan masa depan perguruan tinggi tersebut. Karena itu, dosen dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogik dan ilmiahnya melalui berbagai upaya yang mungkin dilakukan

Dalam proses evaluasi pendidikan di perguruan tinggi ini, para tenaga dosen memiliki peran yang sangat penting. Merekalah yang berhak menilai dan menimbang kualitas pembelajaran yang mereka berikan atau yang berlaku di universitas tempat mereka mengabdikan diri. Selain sebagai pihak yang mengevaluasi, para dosen juga merupakan objek evaluasi. Kinerja mereka sebagai tenaga pengajar juga dinilai untuk diperbaiki atau diberi penghargaan berupa kenaikan pangkat. Intinya profesionalisme dosen, akan  membawa cita-cita perguruan tinggi di Indonesia.

Salah satu cita-cita perguruan tinggi di Indonesia adalah menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional (World Class University).  Cita-cita ini membutuhkan kerja keras dari seluruh elemen perguruan tinggi untuk memperbaiki dan mengembangkan kualitas pembelajarannya. Salah satu program pengembangan yang seharusnya mendapat prioritas adalah pengembangan profesionalisme dosen sebagai elemen pokok perguruan tinggi. Pengembangan profesionalisme dosen ini sangat penting untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi di Indonesia.

Program-program ataupun kiat-kiat pengembangan profesi dosen sebagaimana telah banyak diuraikan di duniadosen.com, sesungguhnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari program pengembangan perguruan tinggi secara umum, karena keberhasilan dari program tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas perguruan tinggi itu sendiri. Oleh sebab itu, program-program tersebut perlu diimplementasikan secara teratur dan berkesinambungan agar betul-betul tercipta para dosen yang berkualitas tinggi dan mampu mendorong kemajuan perguruan tinggi.

Pada tingkat praktik, terdapat bebera sarana yang dapat dipertimbangkan. Apabila strategi ini baik, tentu saja dapat digunakan untuk mengimplementasikan program-program pengembangan tersebut. Langkah selanjutnya tinggal penyusunan jadwal atau agenda yang riil.

  1. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan para dosen, baik yang terkait dengan disiplin ilmu yang ditekuninya maupun keahlian pedagogi dan kependidikan secara umum. Penyelenggaraan pelatihan dapat meningkatkan Kompetensi pedagogik.
  2. Pendirian lembaga atau pusat-pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan profesi akademis, termasuk profesi dosen, yang prioritas kegiatannya terkait dengan pelaksanaan riset-riset ilmiah dan pelatihan peningkatan kompetensi akademis.
  3. Kerjasama ilmiah dengan perguruan tinggi lain, baik berupa pertukaran dosen, riset bersama, maupun program double degree. Kerjasama ilmiah ini juga bisa dilakukan antara perguruan tinggi dengan pusat-pusat penelitian, atau perusahaan-perusahaan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Lewat usaha yang sungguh-sungguh dari perguruan tinggi untuk mengembangkan profesionalisme para dosennya, diharapkan akan tercipta para dosen yang mampu menjalankan tugasnya secara profesional, yaitu mencetak para ilmuwan dan tenaga ahli di berbagai bidang, mencerdaskan kehidupan bangsa dalam arti yang seluas-luasnya, serta mengembangkan pribadi-pribadi manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karena itu, kita bisa berharap dari rahim perguruan tinggi akan lahir para pemimpin dan generasi bangsa yang mampu membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat.

 

Silahkan diunduh kententuan Rektor Universitas Lambung Mangkurat terkait pembebasan atau keringanan UKT Semester ganji 2020/2021: (silahkan unduh surat edaran dan pendukungnya dengan menggunakan email ULM) Surat Edaran Rektor ULM dan Formulir Pendukung Untuk pengajuan

Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggandeng tiga kementerian untuk membahas kendala yang dialami Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam meraih target masuk dalam daftar 500 besar universitas di dunia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Indonesia (Kemenristekdikti) kondisi pendidikan tinggi di Indonesia memang sudah mengalami loncatan besar beberapa tahun belakangan. Namun, masih jauh dari ambisi Nawacita. Ada beberapa peran di luar pemerintah yang harus ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Pilihan Pembaca

  • Paling Populer
  • Urutan
  • Judul

Pemahaman Visi-Misi S1 Manajemen

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Pemahaman Visi Misi S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni ULM

Evaluasi Diri Lulusan S1 Manajemen FEB ULM

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Evaluasi Diri Calon Lulusan S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni S1 Manajemen

Silahkan klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni S1 Prodi. Manajemen FEB ULM

Tracer Pengguna Lulusan FEB ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Pengguna Lulusan (Stake Holder) FEB ULM

Dr. Zakhyadi Ariffin, Drs, M.Si

N I P :  19600208 198703 1 001 Gol / Fungsional ...

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

Prof. Dr. Marijati Sangen, MM

N I P :  19470414 197510 2 001 Gol / Fungsional ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Sejarah

Perkembangan Pendidikan Tinggi di Kalimantan Selatan dimulai dengan berdirinya Akademi Perniagaan ...

Suasana Akademik

Banjarmasin sebagai salah satu kota di Kalimantan menawarkan berbagai aktivitas kebudayaan mulai ...

Lambung Mangkurat Medical Center (LMMC)

Lambung Mangkurat Medical Center ini berguna apabila ada mahasiswa atau civitas akademika ULM yang ...

Pengajuan Ujian Proposal Skripsi dan Skripsi ...

Bagi mahasiswa Jurusan Manajemen FEB ULM yang hendak melakukan ujian proposal skripsi dan ujian ...

Bahan Workshop HLM

Silahkan Klik di Sini untuk Download Bahan Workshop Method HLM 

Visi, Misi dan Tujuan

VISI Tanggal 8 Juni 2017 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung ...

Kurikulum, Profil & Kompetensi Lulusan S1 Prodi. ...

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, ...

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

"Golden Year" Berwirausaha

Berapa umur terbaik untuk mulai berwirausaha? 20 tahun hingga menjelang usia 30 tahun. Itu ...

1-6 November 2017 : Peringatan Harlah FEB ULM ke ...

bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

24 - 26 Oktober 2017 : Workshop Penulisan Artikel ...

Bertempat di lantai II Kapuas Room Hotel Aria Barito Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas ...

4 Strategi Bisnis yang Cocok untuk Usaha Kecil ...

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut ...

6 Kesalahan yang Sering Bikin Bisnis Gagal di ...

Liputan6.com, Jakarta - Pasti Anda pernah membaca daftar orang terkaya di dunia. ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Abdul Hadi, SE, M.Si

N I P :  19700707 200501 1 001 Gol / Fungsional ...

Tips Bekerja

Survei Civitas Akademika

Video Profil Prodi Manajemen

normal-view3

Profil ULM

normal-view3

Sekilas Profil FEB ULM

normal-view3

Profil S1 Manajemen FEB ULM

normal-view3

Profil Diploma III FEB ULM

  • Indicators
  • Winners
  • Losers

1401245
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1560
8750
47000
1234428
78486
261261
1401245

Your IP: 18.232.188.89
Server Time: 2020-07-10 04:31:39

Who's Online

We have 115 guests and no members online

Berita Ekonomi, Bisnis, Keuangan, Perbankan, Market, Wirausaha dan IPTEKS

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Keuangan
  • Perbankan
  • Market
  • Wirausaha
  • IPTEKS
  • <
  • 1
  • >

Testimoni Alumni

Dewy Karina, SE : Staf HRD PT GPS Banjarmasin

Suasana perkuliahan yang menyenangkan apalagi dengan suasana saat itu kampus baru, demikian juga dosen-dosen yang benar-benar memberikan pembelajaran dan pembimbingan. Ilmu yang didapat selama perkuliahan dapat memberikan pengetahuan kemampuan baik dari segi teknis maupun managerial serta membuat mahasiswa mampu mengembangkan prestasi akademik dan non akademik.

Lokasi Kampus & Kontak Kami

  • Kampus FEB ULM, Jalan Brigjend. H. Hasan Basry, Kayu Tangi Banjarmasin, 70123
  • manajemen@ulm.ac.id
  • Telp : +62-511-3305116
  • Faxs : +62-511-3306654

Website di Lingkungan FEB ULM