Keberhasilan misi pembelajaran tentunya didukung oleh suasana akademik yang kondusif. Penciptaan suasana akademik yang kondusif dapat dilakukan dengan menyediakan sarana-prasarana pendukung yang cukup sehingga interaksi dosen-mahasiswa dapat terpelihara baik di dalam maupun di luar kampus.

Pendidikan tinggi dituntut untuk selalu meningkatkan mutu dan senantiasa melakukan reformasi tata kelola dari waktu ke waktu. Fokus kegiatan dalam penerapan pengelolaan serta pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat seperti itu dapat menumbuhkan industri sehingga dapat menyejahterakan masyarakat. Dalam konteks perwujudan good university governance (pengelolaan universitas yang baik). Perguruan tinggi memiliki tiga peranan penting yaitu perguruan tinggi selaku pencetak sumber daya manusia yang antikorupsi, perguruan tinggi sebagai pengelolaan keuangan negara, dan perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu untuk mencegah dan memberantas korupsi. Transparansi pengelolaan dana pada PTN (Perguruan Tinggi Negeri) harus dapat dilaksanakan dengan baik.

Fokus utama dalam membangun keunggulan kompetitif. Fokus yang dikembangkan dalam bidang akademik, keuangan, tata kelola universitas, kemahasiswaan, dan kerjasama yang mampu berkompetisi di tataran global. Seluruh upaya dan program kerjambaik tingkat universitas, fakultas, program studi dan seluruh unit akan mengarah dan bersinergi untuk mencapai “Keunggulan Kompetitif”

Dalam rangka membangun suasana akademis yang kondusif, diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan gairah penelitian khususnya bagi kalangan akademisi. Penelitian-penelitian yang dihasilkan tersebut tidak hanya akan memberi kontribusi bagi bidang ilmunya saja, tetapi juga dapat meningkatkan performa universitas untuk mencapai universitas riset yang pada akhirnya menjadi universitas kelas dunia.

Dosen dan mahasiswa diharapkan membiasakan diri membuat penelitian akademik yang ilmiah. Setelah itu, hasil penelitian tersebut akan dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah, baik nasional maupun internasional. Untuk meningkatkan riset dan publikasi ilmiah memang tidak mudah. Diperlukan berbagai upaya dan dukungan dari berbagai pihak untuk melakukannya.

Upaya tersebut antara lain, mendirikan research management center sebagai pengelola dana dan riset-riset yang dilakukan. Pengelolaan ini juga membutuhkan tenaga profesional khususnya dalam mengisi berkas-berkas riset.  Selain itu, melakukan matching grant, maksudnya melakukan kerja sama pengelolaan hibah dengan institusi lain yang berkaitan dengan riset tersebut. Pihak kampus juga harus dapat mengenali kapabilitas para dosen yang berbeda-beda spesifikasi pekerjaannya, contohnya, yang hanya mengajar, yang mengajar dan meneliti dan yang hanya meneliti.

Para peneliti juga  melakukan riset gabungan dengan peneliti terkenal dalam memublikasikan hasil risetnya dalam jurnal yang terkemuka. Bagi peneliti junior dalam melakukan co-research dengan peneliti senior. Selain itu, pelatihan-pelatihan berkaitan dengan teknik penelitian terbaru pun perlu dilakukan. Untuk memotivasi para peneliti, ia mengatakan bahwa pihak institusi dapat memberi imbalan sesuai dengan level dan kualitas riset. Selain itu, dapat juga diadakan penghargaan riset tahunan sebagai pengakuan kepada riset yang terbaik.

Kegiatan akademik (seminar, simposium, diskusi, eksibisi) rutin diadakan dan melibatkan sivitas akademika. Dalam kegiatan kuliah umum dan seminar dalam rangka peningkatan wawasan keilmuan para mahasiswa diwajibkan untuk berpartisipasi aktif dan berhak atas perolehan sertifikat. Mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian dosen dan penulisan karya ilmiah yang dipresentasikan di dalam seminar atau diterbitkan dalam jurnal-jurnal ilmiah, keterlibatan penuh mahasiswa sebagai panitia dalam pelaksanaan seminar-seminar yang diadakan oleh prodi, seperti studium generale dan seminar penelitian oleh mahasiswa dan dosen merupakan upaya untuk menghidupkan suasana akademik.

Interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa terjadi pada dua lokasi yang berbeda. Pertama kegiatan ilmiah/akademik mahasiswa yang dirancang oleh dosen dalam perkuliahan berupa tugas/praktek penulisan dan penyajian makalah atau laporan bacaan terkait dengan mata kuliah tertentu, baik bersifat perorangan ataupun kelompok dan dinilai oleh dosen bersangkutan. Kedua, interaksi akademik yang dilakukan di luar kelas dengan suasana yang lebih informal. Mahasiswa dan dosen dapat terlibat dalam bentuk diskusi dalam kelompok-kelompok bidang minat (KBM), bimbingan penugasan, dan pembekalan materi seperti PKL.

Rancangan menyeluruh untuk mengembangkan suasana akademik yang kondusif, baik dalam proses pembelajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat, adalah berupa konsep saling asah, asuh dan asih serta Tut Wuri Handayani. Dalam hal proses pembelajaran, dosen bukanlah pemberi informasi tunggal. Dosen lebih memposisikan diri sebagai fasilitator, teman belajar, partner diskusi, dan motivator. Dalam penelitian, dosen berperanan sebagai konsultan kontekstual, yang berarti memberikan bimbingan sesuai konteks kajian yang belum dipahami mahasiswa. Dalam pengabdian kepada masyarakat sangat diperlukan konsep Tut Wuri Handayani yang mampu sebagai tuntunan jika harus berada di depan, mampu membangun prakarsa mandiri jika ada kegiatan  bersama, serta mampu memotivasi mahasiswa untuk melakukan sendiri suatu kegiatan. Konsep tersebut dapat dilaksanakan pada setiap kegiatan, seperti seminar, simposium, diskusi, maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Kepribadian ilmiah bagi sivitas akademika dapat dikembangkan melalui kegiatan pendidikan dan penelitian. Untuk mengembangkan kepribadian ilmiah dosen dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi dosen untuk meningkatkan pengetahuan sesuai bidang ilmunya melalui pendidikan yang lebih tinggi, mengikuti kegiatan kursus singkat dan pelatihan penyusunan karya ilmiah dan buku ajar.

Kepribadian ilmiah mahasiswa dapat dikembangkan melalui kegiatan perkuliahan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.  Mahasiswa diperkenalkan bagaimana menumbuhkan sikap ilmiah dalam menyelesaikan tugas, membuat makalah, memberikan presentasi, diskusi dan kegiatan praktik di perpustakaan atau kegiatan kuliah lapangan. Pengembangan perilaku ilmiah dalam melaksanakan penelitian misalnya dengan seobjektif mungkin mengolah data penelitian dan melaporkannya, mampu memanfaatkan peralatan sesuai dengan fungsinya dan menggunakan peralatan/instrumen yang handal dan sahih.

Perpustakaan ULM dan Fakultas juga senantiasa memperkuat atmosfer akademik di lingkungan kampus merah maron. Salah satu komitmen memperkuat atmosfer akademik tersebut, ditunjukkan Perpustakaan melalui Bedah Buku karya dosen dengan tema membangun dan mengembangkan budaya literasi melalui cipta karya akademik menuju peradaban yang inovatif, kreatif dan kompetitif.

Silahkan diunduh kententuan Rektor Universitas Lambung Mangkurat terkait pembebasan atau keringanan UKT Semester ganji 2020/2021: (silahkan unduh surat edaran dan pendukungnya dengan menggunakan email ULM) Surat Edaran Rektor ULM dan Formulir Pendukung Untuk pengajuan

Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggandeng tiga kementerian untuk membahas kendala yang dialami Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam meraih target masuk dalam daftar 500 besar universitas di dunia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Indonesia (Kemenristekdikti) kondisi pendidikan tinggi di Indonesia memang sudah mengalami loncatan besar beberapa tahun belakangan. Namun, masih jauh dari ambisi Nawacita. Ada beberapa peran di luar pemerintah yang harus ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Pilihan Pembaca

  • Paling Populer
  • Urutan
  • Judul

Pemahaman Visi-Misi S1 Manajemen

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Pemahaman Visi Misi S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni ULM

Evaluasi Diri Lulusan S1 Manajemen FEB ULM

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Evaluasi Diri Calon Lulusan S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni S1 Manajemen

Silahkan klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni S1 Prodi. Manajemen FEB ULM

Tracer Pengguna Lulusan FEB ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Pengguna Lulusan (Stake Holder) FEB ULM

Dr. Zakhyadi Ariffin, Drs, M.Si

N I P :  19600208 198703 1 001 Gol / Fungsional ...

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

Prof. Dr. Marijati Sangen, MM

N I P :  19470414 197510 2 001 Gol / Fungsional ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Sejarah

Perkembangan Pendidikan Tinggi di Kalimantan Selatan dimulai dengan berdirinya Akademi Perniagaan ...

Suasana Akademik

Banjarmasin sebagai salah satu kota di Kalimantan menawarkan berbagai aktivitas kebudayaan mulai ...

Lambung Mangkurat Medical Center (LMMC)

Lambung Mangkurat Medical Center ini berguna apabila ada mahasiswa atau civitas akademika ULM yang ...

Pengajuan Ujian Proposal Skripsi dan Skripsi ...

Bagi mahasiswa Jurusan Manajemen FEB ULM yang hendak melakukan ujian proposal skripsi dan ujian ...

Bahan Workshop HLM

Silahkan Klik di Sini untuk Download Bahan Workshop Method HLM 

Visi, Misi dan Tujuan

VISI Tanggal 8 Juni 2017 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung ...

Kurikulum, Profil & Kompetensi Lulusan S1 Prodi. ...

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, ...

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

"Golden Year" Berwirausaha

Berapa umur terbaik untuk mulai berwirausaha? 20 tahun hingga menjelang usia 30 tahun. Itu ...

1-6 November 2017 : Peringatan Harlah FEB ULM ke ...

bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

24 - 26 Oktober 2017 : Workshop Penulisan Artikel ...

Bertempat di lantai II Kapuas Room Hotel Aria Barito Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas ...

4 Strategi Bisnis yang Cocok untuk Usaha Kecil ...

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut ...

6 Kesalahan yang Sering Bikin Bisnis Gagal di ...

Liputan6.com, Jakarta - Pasti Anda pernah membaca daftar orang terkaya di dunia. ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Abdul Hadi, SE, M.Si

N I P :  19700707 200501 1 001 Gol / Fungsional ...

Tips Bekerja

Survei Civitas Akademika

Video Profil Prodi Manajemen

normal-view3

Profil ULM

normal-view3

Sekilas Profil FEB ULM

normal-view3

Profil S1 Manajemen FEB ULM

normal-view3

Profil Diploma III FEB ULM

  • Indicators
  • Winners
  • Losers

1401128
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1443
8750
46883
1234428
78369
261261
1401128

Your IP: 18.232.188.89
Server Time: 2020-07-10 04:15:28

Who's Online

We have 98 guests and no members online

Berita Ekonomi, Bisnis, Keuangan, Perbankan, Market, Wirausaha dan IPTEKS

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Keuangan
  • Perbankan
  • Market
  • Wirausaha
  • IPTEKS
  • <
  • 1
  • >

Testimoni Alumni

Dewy Karina, SE : Staf HRD PT GPS Banjarmasin

Suasana perkuliahan yang menyenangkan apalagi dengan suasana saat itu kampus baru, demikian juga dosen-dosen yang benar-benar memberikan pembelajaran dan pembimbingan. Ilmu yang didapat selama perkuliahan dapat memberikan pengetahuan kemampuan baik dari segi teknis maupun managerial serta membuat mahasiswa mampu mengembangkan prestasi akademik dan non akademik.

Lokasi Kampus & Kontak Kami

  • Kampus FEB ULM, Jalan Brigjend. H. Hasan Basry, Kayu Tangi Banjarmasin, 70123
  • manajemen@ulm.ac.id
  • Telp : +62-511-3305116
  • Faxs : +62-511-3306654

Website di Lingkungan FEB ULM