Profil

User Rating:  / 0
User Rating:  / 0

Nilai Akreditasi Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat yang diperoleh pada tahun 2015 adalah B

User Rating:  / 0
User Rating:  / 0

VISI

Tanggal 8 Juni 2017 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat membentuk Tim Penyusun Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian (VTMS) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat yang baru dan mengusulkan ke Fakultas sesuai Surat Program Studi Manajemen Nomor:452/UN8.1.12.3/2017 untuk dibuatkan Surat Keputusan Tim Penyusun visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat tahun 2018-2022.

Tanggal 14 Juni 2017, di terbitkan Surat Keputusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Nomor:657/UN8.1.12/OT/2017  tentang Tim Penyusun Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Manajemen. Tim bertugas untuk  melakukan pengkajian terhadap Visi Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat yakni Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Reputasi Nasional sebagai dasar dalam menyusun Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Manajemen yang lama yakni menjadi Salah Satu Program Studi S1 Manajemen Terkemuka di Indonesia Yang Menghasilkan Lulusan Yang Beretika Serta Turut Berkontribusi Dalam Mendukung Pembangunan Daerah Dan Nasional Dalam Bidang Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat yang ditetapkan pada tahun 2013 yang lalu.

Berdasarkan hasil kegiatan Tracer Study yang dilaksanakan pada tahun 2016, Tim Penyusun mendapatkan masukan dan saran dari pihak eksternal yakni alumni dan pengguna yang dapat memberikan informasi yang jelas mengenai  kebutuhan para stakeholders terhadap Program Studi Manajemen  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi juga memperhatikan aturan Pemerintah terkait dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan yang paling utama adalah memiliki keterkaitan dengan visi dan misi fakultas dan universitas. Hal ini dilakukan agar program studi manajemen tidak hanya mampu mencapai visi misi program studi manajemen tetapi juga dapat mendukung tercapainya visi misi fakultas dan universitas, sehingga visi dan misi yang lama perlu diperbarui agar mengikuti berbagai perubahan serta berusaha menyesuaikan waktu pencapaian visi dan misi yang realistik.  

Tim perumus visi dan misi mengadakan rapat penyusunan visi dan misi Program Studi Manajemen dengan seluruh tim untuk memformulasikan visi misi. Berdasarkan hasil masukan dari pihak eksternal, tim merumuskan draft Visi Program Studi Manajemen yaitu : “Menjadi Program Studi S1 Manajemen yang Terkemuka dan Berdaya Saing Nasional dalam bidang Ilmu Manajemen yang menghasilkan lulusan yang beretika”.  Tanggal 7 Agutus 2017  tim perumus menyampaikan rumusan visi misi kepada seluruh dosen dalam acara Rapat Program Studi Manajemen yang tidak hanya dihadiri oleh Dosen tetapi juga dihadiri oleh Mahasiswa Program Studi Manajemen, agar dapat memberikan masukan bagi penyempurnaan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Manajemen yang telah disusun tim perumus.

Kegiatan rapat ini memberikan banyak masukan terhadap draft visi program studi manajemen. Berdasarkan hasil rapat, draft visi sebaiknya mengganti kata “ terkemuka” menjadi “memiliki Reputasi Nasional”. Penggantian kata bertujuan agar lebih jelas arah dan keinginan yang akan dicapai oleh program studi.serta dapat diukur.

Selain itu juga disarankan untuk menghilangkan kata kalimat “yang menghasilkan lulusan yang beretika” dalam visi, tetapi dimasukkan sebagai bagian misi program studi manajemen. Sehingga diperoleh rumusan Draft Visi Program Studi yang baru yakni “Menjadi Prorgam Studi S1 Manajemen yang Memiliki Reputasi Nasional dan Berdaya Saing Nasional dalam Bidang Ilmu Manajemen“. Draft terbaru ini akan dimuat dalam Rencana Strategis dan Rencana Operasional Program Studi Manajemen yang akan disampaikan kembali dalam kegiatan Workshop Penyusunan visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian program studi manajemen. 

Tanggal 5 Oktober 2017 dilakukan Workshop Penyusunan visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian program studi manajemen yang melibatkan stakeholder, seperti alumni, pengguna, mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran bagi penyempurnaan draft visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian program studi manajemen.

Hasil workshop mendapatkan banyak saran dan masukan terhadap draft visi misi program studi manajemen. Beberapa masukan yang diberikan antara lain:

  1. Visi harus jelas dan realistis agar mudah mencapai dan mengukurnya,
  2. Penggunaan kata-kata atau istilah yang tepat, Program Studi S1 Manajemen disesuaikan dengan nomenklatur yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti,
  3. Ciri khas program studi sebaiknya ditunjukkan dalam visi dan misi,
  4. Harus memiliki keterkaitan dengan visi fakultas dan universitas.

Berdasarkan hasil masukan seluruh stakeholder yang hadir dalam  kegiatan workshop tersebut, maka diperoleh rumusan draft visi yang baru yaitu menjadi Program Studi Manajemen Yang Memiliki Reputasi Nasional Dan Berdaya Saing Dibidang Ilmu Manajemen

Draft visi misi diserahkan ke Ketua Program Studi dalam bentuk Laporan Kegiatan Workshop dan disampaikan ke Dekan untuk dibahas dalam Rapat Senat Fakultas. Tanggal 27 Oktober 2017, dirapatkan dalam Rapat Senat Fakultas untuk mendapatkan saran dan masukan. Hasil rapat senat akhirnya menyetujui dan Tanggal 8 Nopember 2017 dibuatkan Surat Keputusan Dekan tentang Visi Misi Program Studi Manajemen yang baru dengan SK Nomor 1053/UN8.1.12/OT/2017 yang akan menjadi acuan bagi Program Studi dalam menjalankan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi beberapa waktu mendatang mulai tahun 2018 sampai dengan tahun 2022.

Pihak-Pihak Yang Terlibat Dalam Penyusunan VTMS Program Studi Manajemen

Kegiatan penyusunan VTMS program studi manajemen melibatkan beberapa pihak yang terdiri dari:

I. Pihak internal

  1. Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat,
  2. Ketua-ketua Program Studi di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat,
  3. Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat,
  4. Dosen diluar Program Studi Manajemen yang mengajar di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat,
  5. Tenaga kependidikan yang diwakili oleh Kasubag dilingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Pihak eksternal
  6. Mahasiswa Program Studi Manajemen yang diwakili oleh Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen

II. Pihak Eksternal

  1. Perwakilan Perbankan (Bank Kalsel, Bank BNI, Bank BNI Syariah, Bank BTN, Bank Mandiri,  Bank Syariah Mandiri, Bank BRI),
  2. Perwakilan Lembaga Keuangan Non Keuangan (Pegadaian, Leasing, Asuransi),
  3. Perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota,
  4. Ketua Himpunan Alumni dan jajarannya,
  5. Pihak swasta (PT. Telkomsel, PT. Adaro Indonesia)

Berdasarkan hasil tersebut maka diputuskanlah Visi, Misi, Tujuan S1 Manajemen FEB ULM adalah

VISI

Menjadi Program Studi Manajemen yang Bereputasi dan Berdaya Saing Nasional Dibidang Ilmu ManajemenVISI S1 Manajemen

Dari Misi tersebut ada kata Bereputasi dan Berdaya Saing, yang mempunyai makna sebagai berikut :

  • Bereputasi merupakan pernyataan diakuinya program studi manajemen oleh lembaga akreditasi nasional (BAN) PT dengan Akreditasi A
  • Berdaya saing nasional merupakan pernyataan kemampuan program studi untuk bersaing dengan program studi manajemen di Indonesia baik dalam hal penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kompetensi yang dimiliki oleh lulusan

MISI S1 Manajemen :

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan Ipteks,
  2. Mengembangkan penelitian yang berkualitas dalam bidang Ilmu Manajemen dan berguna bagi masyarakat,
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkontribusi terhadap kebijakan ekonomi dan bisnis dalam mendukung pembangunan daerah dan nasional,
  4. Mengembangkan kerjasama regional, nasional dan internasional dengan berbagai pihak yang dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada msyarakat.
User Rating:  / 0
User Rating:  / 0

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Program pendidikan sarjana (S1) Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen memiliki Profil Lulusan (LO) yang disepakati bersama oleh Forum Manajemen Indonesia yaitu:

  1. Manajer pada bidang Pemasaran, SDM, Keuangan dan Operasi yang bekerja di berbagai institusi pemerintah dan swasta
  2. Analis di lembaga konsultan dan penelitian
  3. Wirausaha muda mandiri

Sedangkan kompetensi utama S1 Prodi Manajemen yang disepakati bersama oleh Forum Manajemen Indonesia adalah:

  1. Mampu merancang dan menjalankan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian dalam mengelola suatu organisasi bisnis dan non bisnis;
  2. Mampu melaksanakan tugas-tugas manajemen fungsional (Pemasaran, Operasi, Sumber Daya Manusia, Keuangan) dan wirausaha pada suatu organisasi bisnis dan non bisnis;
  3. Mampu memecahkan permasalahan manajerial, identifikasi masalah, pengembangan alternative solusi, pemilihan solusi terbaik, dan rencana tindakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Mampu memahami teori, konsep, metoda dan perangkat analisis yang terkait keterampilan manajerial di bidang Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Operasi, dan Keuangan;
  5. Mampu menyusun perencanaan dan pengembangan bisnis;
  6. Mampu mengidentifikasi kebutuhan, pengumpulan, pengolahan dan analisis data yang relevan dalam proses penelitian.

5.1.1  Kompetensi

5.1.1.a.  Kelengkapan dan perumusan Kompetensi dalam kurikulum

Lulusan Program Studi Manajemen harus memiliki kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan terkait bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan, serta Kewirausahaan. Lulusan Program Studi Manajemen diharapkan memiliki profil sebagai berikut:

  • Memiliki kompetensi dalam bidang Manajemen (SDM, Pemasaran, Keuangan) yang bermanfaat bagi masyarakat dengan mengedepankan etika.
  • Mampu melaksanakan tugas-tugas manajemen fungsional (SDM, Pemasaran, Keuangan) dan wirausaha pada suatu organisasi bisnis dan non bisnis.
  • Mampu memecahkan permasalahan manajerial, identifikasi masalah, pengembangan alternative solusi, pemilihan solusi terbaik, dan rencana tindakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Mampu menyusun perencanaan dan pengembangan bisnis.
  • Mampu menguasai teori, konsep, metoda dan perangkat analisis yang terkait keterampilan manajerial di bidang SDM, Pemasaran dan Keuangan.
  • Memiliki komitmen untuk melaksanakan tugas dan mampu untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah dilaksanakan.
  • Memiliki sikap disiplin dan santun serta beretika sesuai norma yang berlaku dimasyarakat.

Untuk mencapai lulusan dengan profil tersebut, kurikulum Program Studi Manajemen memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lainya yang mendukung tercapainya tujuan terlaksananya misi dan terwujudnya visi Program Studi.Kurikulum Program Studi Manajemen

Kompetensi Utama

Kompetensi  utama lulusan program studi manajemen:

  1. Lulusan memiliki Soft Skills: self awareness, sikap terbuka dan sensitif terhadap perubahan lingkungan bisnis.
  2. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang bisnis dan manajemen.
  3. Memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip manajemen dalam setiap aktivitas produktif.
  4. Memiliki entrepreneural dan managerial skills.
  5. Berwawasan global dan mampu beradaptasi dengan lingkungan bisnis

Kompetensi pendukung

Kompetensi pendukung lulusan program studi manajemen:

  1. Mampu mengaplikasikan/menerapkan teori manajemen dan bisnis dalam melakukan penelitian di bidang ilmu manajemen.
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisa dan memberikan solusi yang berhubungan dengan fenomena ekonomi di bidang manajemen baik secara lokal, nasional maupun internasional.
  3. Mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan produktivitas kerja.

Kompetensi lainnya

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan program studi manajemen:

  1. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah/memberikan solusi terhadap masalah-masalah di bidang manajemen.
  2. Memiliki kemampuan practical skills dalam menggunakan program-program komputer yang  sesuai untuk menganalisis dan mensintesis data dan informasi yang relevan bagi pengambilan keputusan manajerial.
  3. Memiliki kemampuan berfikir, memiliki kemampuan berkarya, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik berupa lisan maupun tertulis.

Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.

Orientasi dan kesesuaian dengan visi dan misi program studi

Kurikulum yang dijalankan Program Studi Manajemen saat ini merupakan Kurikulum Tahun 2014 yang berorientasi pada pencapaian tujuan visi dan misi Program Studi yang lama yakni  Menjadi salah satu Program Studi S1 Manajemen terkemuka di Indonesia yang menghasilkan lulusan yang beretika serta turut berkontribusi dalam mendukung pembangunan daerah dan nasional dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat”. Visi ini diwujudkan dalam 2 (dua) misi berikut ini:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang beretika dalam bidang Manajemen yang berdaya saing Nasional dan memiliki integritas untuk memenuhi kebutuhan SDM sektor bisnis, wirausaha, dan organisasi publik.
  2. Mengelola aktivitas penelitian dan penerapannya dalam bidang Ilmu Manajemen yang berkontribusi terhadap kebijakan ekonomi dan bisnis dalam mendukung pembangunan daerah dan nasional.

Dengan misi ini, diharapkan lulusan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki kompetensi unggul, memiliki kinerja yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu manajemen guna memecahkan masalah manajemen dunia usaha dan tanggap terhadap perubahan.

Saat ini, program studi manajemen sudah memiliki visi misi yang baru,  ditetapkan pada tanggal Tanggal 8 Nopember 2017 dibuatkan Surat Keputusan Dekan tentang Visi Misi Program Studi Manajemen yang baru dengan SK Nomor 1053/UN8.1.12/OT/2017 yang akan menjadi acuan bagi Program Studi Manajemen dalam menjalankan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi beberapa waktu mendatang mulai tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 termasuk didalamnya pengembangan kurikulum yang mendukung pencapaian visi misi program studi manajemen. Peninjauan terhadap kurikulum terbaru sedang dilaksanakan oleh Tim pemutakhiran Kurikulum Program Studi Manajemen yang akan diberlakukan mulai angkatan 2019 mendatang.

Struktur Kurikulum

Jumlah SKS PS (minimum untuk kelulusan) adalah 144 sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah

SKS

Keterangan

(1)

(2)

(3)

Mata Kuliah Wajib

126

Mata kuliah yang wajib diambil :126 sks

Mata Kuliah Pilihan

18 (66)

Mata Kuliah pilihan minimal diambil 18 sks dari 66 sks yang ditawarkan.

Matakuliah Kuliah pilihan 66 sks terdiri dari 51 sks pilhan bebas dan 15 sks pilihan konsentrasi) 

Jumlah Total

144

 

Jumlah SKS yang disyaratkan untuk Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat adalah sebanyak 144 SKS dengan masa studi normal (tepat waktu) selama 8 semester

User Rating:  / 0
User Rating:  / 0

Berdasarkan Tujuan S1 Manajemen yang telah ditetapkan, maka dibuatlah Sasaran dan Strategi Pencapaian Tujuan sebagai berikut :

Pencapaian tujuan 1 (Menghasilkan lulusan yang; bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan khusus dan daya saing secara nasional) ditetapkan sasaran dan strategi pencapaiannya beserta indikatornya sebagai berikut:

Sasaran 1 : Peningkatan status akreditasi program studi,  strateginya: menyiapkan dokumen borang akreditasi sesuai dengan standar yang ditetapkan BAN PT, indikatornya: peningkatan akreditasi program studi

Sasaran 2 : Peningkatan kualitas pendidikan pada program studi manajemen, strateginya:

  • Mengatur beban kerja dosen, indikatornya: rata-rata beban kerja dosen antara 12-13 SKS
  • Melakukan evaluasi terhadap proses belajar mengajar, indikatornya: adanya jumlah kegiatan monev secara rutin
  • Rapat koordinasi mata kuliah, indikatornya: Jumlah rapat tiap semester

Sasaran 3 :  Peningkatan mutu lulusan yang berdaya saing dan beretika sesuai dengan kebutuhan masyarakat, strateginya:

  • Melakukan peninjauan kurikulum, indikatornya: pemutakhiran kurikulum berbasis KKNI
  • Peningkatan rata-rata IPK, indikatornya: IPK rata-rata
  • Memeprcepat masa studi mahasiswa, indikatornya: kelulusan tepat waktu
  • Pelaksanaan tracer study, indikaornya: jumlah alumni terlacak
  • Peningkatan penggunaan aplikasi teknologi informasi (TI) dalam proses belajar mengajar, indikatornya: Penggunaan aplikasi bidang manajemen
  • Peningkatan kemampuan bahasa Inggris, indikatornya: rata-rata nilai TOEFL
  • Peningkatan kompetensi akademik dan non akademik mahasiswa, indikatornya: jumlah prestasi akademik dan non akademik mahasiswa

Sasaran 4 : Peningkatan kualitas proses belajar mengajar, strateginya:

  • Peningkatan kemampuan dan kompetensi dosen dalam proses belajar mengjar, indikatornya: jumlah dosen yang mengikuti PEKERTI dan AA
  • Mendorong dosen untuk menyusun modul perkuliahan, indikatornya: jumlah modul
  • Tersedianya RPS mata kuliah yang berbasis KKNI, indikatornya: Jumlah RPS mata kuliah berbasis KKNI
  • Tersedianya buku ajar, indikatornya: jumlah buku ajar
  • Tersedianya mata kuliah menggunakan e-learning, indikatornya: jumlah mata kuliah yang menggunakan media e-learning
  • Tersedianya mata kuliah berbasis komputer, indikatornya: jumlah mata kuliah berbasis komputer

Sasaran 5 : Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi dosen, strateginya:

  • Memotivasi staf pengajar untuk studi lanjut S3, indikatornya: jumlah dosen manajemen yang melanjutkan S3
  • Memotivasi staf pengajar untuk pengikuti pendidikan/pelatihan profesi, indikatornya: Jumlah dosen yang mengikuti pendidikan/pelatihan profesi
  • Memfasilitasi dosen untuk menjadi anggota organisasi keilmuan, indikatornya: jumlah dosen sebagai anggota organisasi keilmuan

Sasaran 6 : Peningkatan kegiatan ilmiah dosen dan mahsaiswa, strateginya:

  • Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mengikuti kegiatan ilmiah seperti workshop dan pelatihan, indikatornya: jumlah dosen peserta kegiatan ilmiah
  • Mendorong memfasilitasi dosen menjadi pembicara seminar nasional, indikatornya: jumlah dosen pembicara seminar nasional
  • Mendorong dan memfasilitasi dosen menjadi pembicara seminar internasional, indikatornya: jumlah dosen pembicara seminar internasional

Pencapaian Tujuan 2 (Menghasilkan penelitian yang terpublikasi ditingkat regional, nasional maupun  internasional) ditetapkan sasaran dan strategi pencapainnya serta indikatornya sebagai berikut:

Sasaran 1 : meningkatkan kualitas tugas akhir (skripsi), strateginya: melakukan evaluasi buku pedoman skripsi, indikatornya: revisi buku pedoman skripsi.

Sasaran 2 : Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, strateginya:

  • Meningkatkan intensitas penelitian, indikatornya: jumlah penelitian
  • Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, indikatornya: jumlah penelitian
  • Mendorong dosen untuk publikasi hasil penelitian di jurnal nasional, indikatornya: jumlah publikasi nasional
  • Mendorong dosen untuk publikasi hasil penelitian di jurnal internasional, indikatornya: jumlah publikasi internasional

Pencapaian tujuan 3 (Memanfaatkan hasil-hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat) ditetapkan sasaran dan strategi pencapainnya serta indikatornya sebagai berikut:

Sasaran 1 : peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terhadap hasil karya IPTEK khsususnya dibidang manajemen, strateginya peningkatan intensitas pengabdian, indikatornya: jumlah pengabdian

Pencapaian tujuan 4 (Menghasilkan  kerjasama yang lebih banyak dan bermanfaat bidang pendidikan, penelitian, dan kegiatan profesional dengan pemerintah dan swasta pada tingkat lokal, nasional maupun internasional) ditetapkan sasaran dan strategi pencapainnya serta indikatornya sebagai berikut:

Sasaran 1 : pengembangan publikasi program studi, strateginya pengembangan website prodi, indikatornya: update berita dan informasi website prodi

Sasaran 2 : peningkatan kerjasama program studi manajemen, strateginya:

  • Meningkatkan kerjasama dalam negeri dengan, indikatornya: jumlah kerjasama
  • Meningkatkan kerjasama luar negeri, indikatornya: jumlah kerjasama

Berdasarkan pada strategi pengembangan yang di buat dengan analisis SWOT untuk memudahkan mengetahui pencapaian sasaran dan evaluasi perbaikan maka disusunlah Rencana Operasional (RENOP) program studi S1 Manajemen selama 5 tahun (2018-2022).

User Rating:  / 0
User Rating:  / 0

Perkembangan Pendidikan Tinggi di Kalimantan Selatan dimulai dengan berdirinya Akademi Perniagaan Kalimantan (APK) pada tanggal 7 Pebruari 1957, yang diprakarsai oleh Bapak Milono, yang juga dikenal sebagai tokoh pendidikan di kalimantan. Kemudian setelah hampir dua tahun berdirinya Akademi Perniagaan Kalimantan (APK), maka atas prakarsa tokoh-tokoh pemerintah dan pimpinan masyarakat sebagai hasil Reuni Kesatuan TNI Divisi Lambung Mangkurat, tepat pada tanggal 21 September 1958 di Banjarmasin berdirilah Universitas Lambung Mangkurat yang disingkat dengan Unlam.

User Rating:  / 0
User Rating:  / 0

Organisasi dan Tata Kelola Jurusan Manajemen FEB ULM

Ketua Jurusan: Rusdayanti Asma, SE., M. Si

Sekretaris: Doni Stiadi, S.Si., M.Si

Staf Pendukung:

  • Maya Sari, A.Md
  • xxxxx
  • xxxxxx
  • xxxxxxx

Pada tanggal 18 - 19 Februari 2019 yang lalu, tim pengajar FEB ULM yang terdiri dari Laila Refiana Said, PhD, Rawintan Binti E., M.Sc dan Anna Nur Faidah, M.Si. bersilaturrahim serta beraudiensi dengan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Bapak Habib H. Said Ismail. Kemudian diikuti dengan silaturrahim dan audiensi dengan Walikota Palangka Raya, Bapak Fairid Naparin yang dilanjutkan dengan Sosilisasi Kelas Internasional S1 Jurusan Manajemen FEB ULM di SMA Negeri 2 Palangka Raya & SMA Bina Cipta Utama, Kalimantan Tengah.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kamis (4/10/2018) pukul 11.00 Wita. Para Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat lakukan kunjungan silaturahmi di kantor Banjarmasin Post,

Pada hari Sabtu, tanggal 4 Agustus 2018, bertempat di Hotel Le Polonia Hotel Medan, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat telah menandatangani Memorandum Of Agreement dengan 11 Prodi Manajemenyang tergabung dalam Asosiasi Program Studi Manajemen dan Bisnis di Indonesia,

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unlam telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Program Studi manajemen FEB Unlam untuk mahasiswa bari jurusan Manajemen Tahun 2018, sebagai bagian dari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun 2018

Pada tanggal Senin 6 November 2017 bertempat di Lapangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat menyelenggaran Acara Pembukaan Penyelenggaraan Harlah FEB yang ke 59 Tahun 2017 di Open Space Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM oleh Bapak Dekan Dr. H. M. Riza Firdaus, SE, MM.

Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggandeng tiga kementerian untuk membahas kendala yang dialami Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam meraih target masuk dalam daftar 500 besar universitas di dunia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Indonesia (Kemenristekdikti) kondisi pendidikan tinggi di Indonesia memang sudah mengalami loncatan besar beberapa tahun belakangan. Namun, masih jauh dari ambisi Nawacita. Ada beberapa peran di luar pemerintah yang harus ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Pilihan Pembaca

  • Paling Populer
  • Urutan
  • Judul

Pemahaman Visi-Misi S1 Manajemen

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Pemahaman Visi Misi S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni ULM

Evaluasi Diri Lulusan S1 Manajemen FEB ULM

Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Evaluasi Diri Calon Lulusan S1 Prodi Manajemen FEB ULM

Tracer Alumni S1 Manajemen

Silahkan klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni S1 Prodi. Manajemen FEB ULM

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

Tracer Pengguna Lulusan FEB ULM

klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Pengguna Lulusan (Stake Holder) FEB ULM

Dr. Zakhyadi Ariffin, Drs, M.Si

N I P :  19600208 198703 1 001 Gol / Fungsional ...

Prof. Dr. Marijati Sangen, MM

N I P :  19470414 197510 2 001 Gol / Fungsional ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Akreditasi Prodi Manajemen

Nilai Akreditasi Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung ...

Suasana Akademik

Banjarmasin sebagai salah satu kota di Kalimantan menawarkan berbagai aktivitas kebudayaan ...

Bahan Workshop HLM

Silahkan Klik di Sini untuk Download Bahan Workshop Method HLM 

Audiensi & Sosialisasi Kelas Pra Internasional S1 ...

Pada tanggal 18 - 19 Februari 2019 yang lalu, tim pengajar FEB ULM yang terdiri dari Laila Refiana ...

Visi, Misi dan Tujuan

VISI Tanggal 8 Juni 2017 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung ...

Sabtu, 6 Oktober 2018 : Temu Alumni Jurusan ...

di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, Jam 7.00 Wita - Selesai. Himpunan ...

Kurikulum, Profil & Kompetensi Lulusan S1 Prodi. ...

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, ...

Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

N I P :  19671231 199512 1 002 Gol / Fungsional ...

"Golden Year" Berwirausaha

Berapa umur terbaik untuk mulai berwirausaha? 20 tahun hingga menjelang usia 30 tahun. Itu ...

1-6 November 2017 : Peringatan Harlah FEB ULM ke ...

bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

24 - 26 Oktober 2017 : Workshop Penulisan Artikel ...

Bertempat di lantai II Kapuas Room Hotel Aria Barito Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas ...

4 Strategi Bisnis yang Cocok untuk Usaha Kecil ...

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut ...

6 Kesalahan yang Sering Bikin Bisnis Gagal di ...

Liputan6.com, Jakarta - Pasti Anda pernah membaca daftar orang terkaya di dunia. ...

7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...

Abdul Hadi, SE, M.Si

N I P :  19700707 200501 1 001 Gol / Fungsional ...

Tips Bekerja

Survei Civitas Akademika

Video Profil Prodi Manajemen

  • Indicators
  • Winners
  • Losers

365308
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
931
1497
15881
271034
26625
43995
365308

Your IP: 3.226.243.10
Server Time: 2019-09-15 14:04:25

Who's Online

We have 50 guests and no members online

Berita Ekonomi, Bisnis, Keuangan, Perbankan, Market, Wirausaha dan IPTEKS

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Keuangan
  • Perbankan
  • Market
  • Wirausaha
  • IPTEKS
  • <
  • 1
  • >

Testimoni Alumni

Dewy Karina, SE : Staf HRD PT GPS Banjarmasin

Suasana perkuliahan yang menyenangkan apalagi dengan suasana saat itu kampus baru, demikian juga dosen-dosen yang benar-benar memberikan pembelajaran dan pembimbingan. Ilmu yang didapat selama perkuliahan dapat memberikan pengetahuan kemampuan baik dari segi teknis maupun managerial serta membuat mahasiswa mampu mengembangkan prestasi akademik dan non akademik.

Lokasi Kampus

  • Kampus FEB ULM, Jalan Brigjend. H. Hasan Basry, Kayu Tangi Banjarmasin, 70123
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Telp : +62-511-3305116
  • Faxs : +62-511-3306654

Website Kampus FEB ULM

Who's Online

We have 50 guests and no members online

Template Settings

Color

For each color, the params below will be given default values
Blue Oranges Red

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Spotlight3

Background Color

Spotlight4

Background Color

Spotlight5

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction