Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Program pendidikan sarjana (S1) Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen memiliki Profil Lulusan (LO) yang disepakati bersama oleh Forum Manajemen Indonesia yaitu:

  1. Manajer pada bidang Pemasaran, SDM, Keuangan dan Operasi yang bekerja di berbagai institusi pemerintah dan swasta
  2. Analis di lembaga konsultan dan penelitian
  3. Wirausaha muda mandiri

Sedangkan kompetensi utama S1 Prodi Manajemen yang disepakati bersama oleh Forum Manajemen Indonesia adalah:

  1. Mampu merancang dan menjalankan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian dalam mengelola suatu organisasi bisnis dan non bisnis;
  2. Mampu melaksanakan tugas-tugas manajemen fungsional (Pemasaran, Operasi, Sumber Daya Manusia, Keuangan) dan wirausaha pada suatu organisasi bisnis dan non bisnis;
  3. Mampu memecahkan permasalahan manajerial, identifikasi masalah, pengembangan alternative solusi, pemilihan solusi terbaik, dan rencana tindakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Mampu memahami teori, konsep, metoda dan perangkat analisis yang terkait keterampilan manajerial di bidang Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Operasi, dan Keuangan;
  5. Mampu menyusun perencanaan dan pengembangan bisnis;
  6. Mampu mengidentifikasi kebutuhan, pengumpulan, pengolahan dan analisis data yang relevan dalam proses penelitian.

5.1.1  Kompetensi

5.1.1.a.  Kelengkapan dan perumusan Kompetensi dalam kurikulum

Lulusan Program Studi Manajemen harus memiliki kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan terkait bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan, serta Kewirausahaan. Lulusan Program Studi Manajemen diharapkan memiliki profil sebagai berikut:

  • Memiliki kompetensi dalam bidang Manajemen (SDM, Pemasaran, Keuangan) yang bermanfaat bagi masyarakat dengan mengedepankan etika.
  • Mampu melaksanakan tugas-tugas manajemen fungsional (SDM, Pemasaran, Keuangan) dan wirausaha pada suatu organisasi bisnis dan non bisnis.
  • Mampu memecahkan permasalahan manajerial, identifikasi masalah, pengembangan alternative solusi, pemilihan solusi terbaik, dan rencana tindakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Mampu menyusun perencanaan dan pengembangan bisnis.
  • Mampu menguasai teori, konsep, metoda dan perangkat analisis yang terkait keterampilan manajerial di bidang SDM, Pemasaran dan Keuangan.
  • Memiliki komitmen untuk melaksanakan tugas dan mampu untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah dilaksanakan.
  • Memiliki sikap disiplin dan santun serta beretika sesuai norma yang berlaku dimasyarakat.

Untuk mencapai lulusan dengan profil tersebut, kurikulum Program Studi Manajemen memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lainya yang mendukung tercapainya tujuan terlaksananya misi dan terwujudnya visi Program Studi.Kurikulum Program Studi Manajemen

Kompetensi Utama

Kompetensi  utama lulusan program studi manajemen:

  1. Lulusan memiliki Soft Skills: self awareness, sikap terbuka dan sensitif terhadap perubahan lingkungan bisnis.
  2. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang bisnis dan manajemen.
  3. Memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip manajemen dalam setiap aktivitas produktif.
  4. Memiliki entrepreneural dan managerial skills.
  5. Berwawasan global dan mampu beradaptasi dengan lingkungan bisnis

Kompetensi pendukung

Kompetensi pendukung lulusan program studi manajemen:

  1. Mampu mengaplikasikan/menerapkan teori manajemen dan bisnis dalam melakukan penelitian di bidang ilmu manajemen.
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisa dan memberikan solusi yang berhubungan dengan fenomena ekonomi di bidang manajemen baik secara lokal, nasional maupun internasional.
  3. Mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan produktivitas kerja.

Kompetensi lainnya

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan program studi manajemen:

  1. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah/memberikan solusi terhadap masalah-masalah di bidang manajemen.
  2. Memiliki kemampuan practical skills dalam menggunakan program-program komputer yang  sesuai untuk menganalisis dan mensintesis data dan informasi yang relevan bagi pengambilan keputusan manajerial.
  3. Memiliki kemampuan berfikir, memiliki kemampuan berkarya, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik berupa lisan maupun tertulis.

Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.

Orientasi dan kesesuaian dengan visi dan misi program studi

Kurikulum yang dijalankan Program Studi Manajemen saat ini merupakan Kurikulum Tahun 2014 yang berorientasi pada pencapaian tujuan visi dan misi Program Studi yang lama yakni  Menjadi salah satu Program Studi S1 Manajemen terkemuka di Indonesia yang menghasilkan lulusan yang beretika serta turut berkontribusi dalam mendukung pembangunan daerah dan nasional dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat”. Visi ini diwujudkan dalam 2 (dua) misi berikut ini:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang beretika dalam bidang Manajemen yang berdaya saing Nasional dan memiliki integritas untuk memenuhi kebutuhan SDM sektor bisnis, wirausaha, dan organisasi publik.
  2. Mengelola aktivitas penelitian dan penerapannya dalam bidang Ilmu Manajemen yang berkontribusi terhadap kebijakan ekonomi dan bisnis dalam mendukung pembangunan daerah dan nasional.

Dengan misi ini, diharapkan lulusan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki kompetensi unggul, memiliki kinerja yang tinggi dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu manajemen guna memecahkan masalah manajemen dunia usaha dan tanggap terhadap perubahan.

Saat ini, program studi manajemen sudah memiliki visi misi yang baru,  ditetapkan pada tanggal Tanggal 8 Nopember 2017 dibuatkan Surat Keputusan Dekan tentang Visi Misi Program Studi Manajemen yang baru dengan SK Nomor 1053/UN8.1.12/OT/2017 yang akan menjadi acuan bagi Program Studi Manajemen dalam menjalankan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi beberapa waktu mendatang mulai tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 termasuk didalamnya pengembangan kurikulum yang mendukung pencapaian visi misi program studi manajemen. Peninjauan terhadap kurikulum terbaru sedang dilaksanakan oleh Tim pemutakhiran Kurikulum Program Studi Manajemen yang akan diberlakukan mulai angkatan 2019 mendatang.

Struktur Kurikulum

Jumlah SKS PS (minimum untuk kelulusan) adalah 144 sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah

SKS

Keterangan

(1)

(2)

(3)

Mata Kuliah Wajib

126

Mata kuliah yang wajib diambil :126 sks

Mata Kuliah Pilihan

18 (66)

Mata Kuliah pilihan minimal diambil 18 sks dari 66 sks yang ditawarkan.

Matakuliah Kuliah pilihan 66 sks terdiri dari 51 sks pilhan bebas dan 15 sks pilihan konsentrasi) 

Jumlah Total

144

 

Jumlah SKS yang disyaratkan untuk Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat adalah sebanyak 144 SKS dengan masa studi normal (tepat waktu) selama 8 semester

Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggandeng tiga kementerian untuk membahas kendala yang dialami Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam meraih target masuk dalam daftar 500 besar universitas di dunia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Indonesia (Kemenristekdikti) kondisi pendidikan tinggi di Indonesia memang sudah mengalami loncatan besar beberapa tahun belakangan. Namun, masih jauh dari ambisi Nawacita. Ada beberapa peran di luar pemerintah yang harus ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Tips Bekerja

Survei Civitas Akademika

Video Profil Prodi Manajemen

  • Indicators
  • Winners
  • Losers

325608
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1072
1785
8152
238918
30920
88930
325608

Your IP: 34.236.38.146
Server Time: 2019-08-22 12:38:21

Who's Online

We have 46 guests and no members online

Berita Ekonomi, Bisnis, Keuangan, Perbankan, Market, Wirausaha dan IPTEKS

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Keuangan
  • Perbankan
  • Market
  • Wirausaha
  • IPTEKS
  • <
  • 1
  • >

Lokasi Kampus

  • Kampus FEB ULM, Jalan Brigjend. H. Hasan Basry, Kayu Tangi Banjarmasin, 70123
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Telp : +62-511-3305116
  • Faxs : +62-511-3306654

Website Kampus FEB ULM

Who's Online

We have 46 guests and no members online

Template Settings

Color

For each color, the params below will be given default values
Blue Oranges Red

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Spotlight3

Background Color

Spotlight4

Background Color

Spotlight5

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction