- Last Updated on 27.01.2021
- Hits: 2270
Berdasarkan Tujuan S1 Manajemen yang telah ditetapkan, maka dibuatlah Sasaran dan Strategi Pencapaian Tujuan sebagai berikut :
Pencapaian tujuan 1 (Menghasilkan lulusan yang; bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bersemangat ilmiah, profesional, mempunyai keahlian/keterampilan khusus dan daya saing secara nasional) ditetapkan sasaran dan strategi pencapaiannya beserta indikatornya sebagai berikut:
Sasaran 1 : Peningkatan status akreditasi program studi, strateginya: menyiapkan dokumen borang akreditasi sesuai dengan standar yang ditetapkan BAN PT, indikatornya: peningkatan akreditasi program studi
Sasaran 2 : Peningkatan kualitas pendidikan pada program studi manajemen, strateginya:
- Mengatur beban kerja dosen, indikatornya: rata-rata beban kerja dosen antara 12-13 SKS
- Melakukan evaluasi terhadap proses belajar mengajar, indikatornya: adanya jumlah kegiatan monev secara rutin
- Rapat koordinasi mata kuliah, indikatornya: Jumlah rapat tiap semester
Sasaran 3 : Peningkatan mutu lulusan yang berdaya saing dan beretika sesuai dengan kebutuhan masyarakat, strateginya:
- Melakukan peninjauan kurikulum, indikatornya: pemutakhiran kurikulum berbasis KKNI
- Peningkatan rata-rata IPK, indikatornya: IPK rata-rata
- Memeprcepat masa studi mahasiswa, indikatornya: kelulusan tepat waktu
- Pelaksanaan tracer study, indikaornya: jumlah alumni terlacak
- Peningkatan penggunaan aplikasi teknologi informasi (TI) dalam proses belajar mengajar, indikatornya: Penggunaan aplikasi bidang manajemen
- Peningkatan kemampuan bahasa Inggris, indikatornya: rata-rata nilai TOEFL
- Peningkatan kompetensi akademik dan non akademik mahasiswa, indikatornya: jumlah prestasi akademik dan non akademik mahasiswa
Sasaran 4 : Peningkatan kualitas proses belajar mengajar, strateginya:
- Peningkatan kemampuan dan kompetensi dosen dalam proses belajar mengjar, indikatornya: jumlah dosen yang mengikuti PEKERTI dan AA
- Mendorong dosen untuk menyusun modul perkuliahan, indikatornya: jumlah modul
- Tersedianya RPS mata kuliah yang berbasis KKNI, indikatornya: Jumlah RPS mata kuliah berbasis KKNI
- Tersedianya buku ajar, indikatornya: jumlah buku ajar
- Tersedianya mata kuliah menggunakan e-learning, indikatornya: jumlah mata kuliah yang menggunakan media e-learning
- Tersedianya mata kuliah berbasis komputer, indikatornya: jumlah mata kuliah berbasis komputer
Sasaran 5 : Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi dosen, strateginya:
- Memotivasi staf pengajar untuk studi lanjut S3, indikatornya: jumlah dosen manajemen yang melanjutkan S3
- Memotivasi staf pengajar untuk pengikuti pendidikan/pelatihan profesi, indikatornya: Jumlah dosen yang mengikuti pendidikan/pelatihan profesi
- Memfasilitasi dosen untuk menjadi anggota organisasi keilmuan, indikatornya: jumlah dosen sebagai anggota organisasi keilmuan
Sasaran 6 : Peningkatan kegiatan ilmiah dosen dan mahsaiswa, strateginya:
- Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mengikuti kegiatan ilmiah seperti workshop dan pelatihan, indikatornya: jumlah dosen peserta kegiatan ilmiah
- Mendorong memfasilitasi dosen menjadi pembicara seminar nasional, indikatornya: jumlah dosen pembicara seminar nasional
- Mendorong dan memfasilitasi dosen menjadi pembicara seminar internasional, indikatornya: jumlah dosen pembicara seminar internasional
Pencapaian Tujuan 2 (Menghasilkan penelitian yang terpublikasi ditingkat regional, nasional maupun internasional) ditetapkan sasaran dan strategi pencapainnya serta indikatornya sebagai berikut:
Sasaran 1 : meningkatkan kualitas tugas akhir (skripsi), strateginya: melakukan evaluasi buku pedoman skripsi, indikatornya: revisi buku pedoman skripsi.
Sasaran 2 : Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, strateginya:
- Meningkatkan intensitas penelitian, indikatornya: jumlah penelitian
- Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, indikatornya: jumlah penelitian
- Mendorong dosen untuk publikasi hasil penelitian di jurnal nasional, indikatornya: jumlah publikasi nasional
- Mendorong dosen untuk publikasi hasil penelitian di jurnal internasional, indikatornya: jumlah publikasi internasional
Pencapaian tujuan 3 (Memanfaatkan hasil-hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat) ditetapkan sasaran dan strategi pencapainnya serta indikatornya sebagai berikut:
Sasaran 1 : peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terhadap hasil karya IPTEK khsususnya dibidang manajemen, strateginya peningkatan intensitas pengabdian, indikatornya: jumlah pengabdian
Pencapaian tujuan 4 (Menghasilkan kerjasama yang lebih banyak dan bermanfaat bidang pendidikan, penelitian, dan kegiatan profesional dengan pemerintah dan swasta pada tingkat lokal, nasional maupun internasional) ditetapkan sasaran dan strategi pencapainnya serta indikatornya sebagai berikut:
Sasaran 1 : pengembangan publikasi program studi, strateginya pengembangan website prodi, indikatornya: update berita dan informasi website prodi
Sasaran 2 : peningkatan kerjasama program studi manajemen, strateginya:
- Meningkatkan kerjasama dalam negeri dengan, indikatornya: jumlah kerjasama
- Meningkatkan kerjasama luar negeri, indikatornya: jumlah kerjasama
Berdasarkan pada strategi pengembangan yang di buat dengan analisis SWOT untuk memudahkan mengetahui pencapaian sasaran dan evaluasi perbaikan maka disusunlah Rencana Operasional (RENOP) program studi S1 Manajemen selama 5 tahun (2018-2022).
Rencana Operasional Pencapaian Sasaran berdasarkan Strategi Pengembangan Program Studi S1 Manajemen Tahun 2018-2022
Sasaran |
Strategi Pencapaian ( Aktivitas & Sub-aktivitas) |
INDIKATOR |
2017 (Baseline) |
Target |
||||
2018 |
2019 |
2020 |
2021 |
2022 |
||||
1 |
2 |
3 |
|
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
Peningkatan Status Akreditasi Program studi |
Menyiapkan dokumen borang akreditasi sesuai dengan standar BAN PT |
Peningkatan Akreditasi Program Studi |
B |
B |
A |
A |
A |
A dan AUN-QA |
Peningkatan Kualitas Pendidikan pada Prodi manajemen |
Mengatur beban kerja dosen |
Rata-rata beban kerja dosen antara 12-13 SKS |
12-14 SKS |
12-13 SKS |
12-13 SKS |
12 - < 13 SKS |
12- <13 SKS |
12 SKS |
Melakukan evaluasi proses belajar mengajar oleh Gugus Mutu Prodi |
Jumlah Monev |
2x |
2x |
3x |
3x |
4x |
4x |
|
Rapat Koordinasi Mata Kuliah |
Jumlah pertemuan tiap semester |
1x |
2x |
2x |
4x |
4x |
5x |
|
Peningkatan Mutu lulusan yang berdaya saing dan beretika sesuai dengan kebutuhan masyarakat |
Melakukan Review Kurikulum |
Pemutakhiran Kurikulum Berbasis KKNI |
Ada Berbasis KKNI |
Ada Berbasis KKNI |
Ada Berbasis KKNI |
Ada Berbasis KKNI |
Ada Berbasis KKNI |
Ada Berbasis KKNI |
Peningkatan Rata-Rata IPK |
IPK rata-rata |
3.100 |
3.150 |
3.200 |
3.250 |
3.300 |
3.350 |
|
Mempercepat Masa studi mahasiswa |
Kelulusan Tepat Waktu |
30% |
40% |
50% |
60% |
70% |
80% |
|
Pelaksanaan Tracer Study |
Alumni Terlacak |
80% |
80% |
85% |
85% |
90% |
90% |
|
Meningkatkan penggunaan Aplikasi Teknologi Informasi (TI) dalam proses belajar mengajar |
Penggunaan Aplikasi Bidang Manajemen |
4 aplikasi |
5 aplikasi |
6 aplikasi |
7 aplikasi |
8 aplikasi |
9 aplikasi |
|
Peningkatan kemampuan Bahasa asing (inggris) |
Rata-rata nilai TOEFL mahasiswa manajemen |
370 |
380 |
385 |
400 |
410 |
420 |
|
Peningkatan Kompetensi Akademik dan Non Akademik Mahasiswa |
Jumlah prestasi Akademik dan non akademik Nasional dan Internasional |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
|
Peningkatan kualitas Proses Belajar Mengajar |
Peningkatan kemampuan dosen dalam proses belajar mengajar |
Jumlah dosen manajemen yang mengikuti PEKERTI |
50% |
60% |
75% |
85% |
90% |
100% |
Jumlah dosen manajemen yang mengikuti AA |
25% |
50% |
65% |
75& |
85% |
100% |
||
Mendorong dosen untuk menyusun modul perkuliahan |
Jumlah Modul |
13 |
15 |
20 |
23 |
25 |
30 |
|
Tersedianya RPS mata Kuliah |
Jumlah RPS mata kuliah |
61 |
61 |
61 |
61 |
61 |
61 |
|
Tersedianya Buku Ajar |
Jumlah Buku Ajar |
2 |
4 |
6 |
8 |
10 |
15 |
|
Tersedianya mata kuliah menggunakan e-learning |
Jumlah mata kuliah yang menggunakan media E-Learning |
10 mata kuliah |
20 mata kuliah |
30 mata kuliah |
40 mata kuliah |
50 mata kuliah |
61 mata kuliah |
|
Tersedianya mata kuliah berbasis komputer |
Jumlah mata kuliah yang berbasis komputer |
19 mata kuliah |
20 mata kuliah |
20 mata kuliah |
22 mata kuliah |
22 mata kuliah |
25 mata kuliah |
|
Peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen |
Memotivasi staf pengajar untuk studi lanjut S3 |
Jumlah dosen manajemen yang melanjutkan S3 |
8% |
15% |
25% |
40% |
60% |
80% |
Memotivasi staf pengajar untuk mengikuti pendidikan profesi |
Jumlah dosen manajemen yang mengikuti pendidikan profesi |
5% |
7% |
10% |
15% |
20% |
25% |
|
Memfasilitasi dosen untuk menjadi anggota organisasi keilmuan |
Jumlah dosen sebagai anggota organisasi kelimuan |
20 orang |
30 orang |
40 orang |
40 orang |
40 orang |
40 orang |
|
Peningkatan kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa |
Memfasilitasi dosen untuk mengikuti kegiatan ilmiah seperti workshop dan pelatihan |
Jumlah dosen peserta kegiatan ilmiah |
40 orang |
40 orang |
40 orang |
40 orang |
40 orang |
40 orang |
Memfasilitasi dosen menjadi pembicara seminar nasional |
Jumlah dosen pembicara seminar nasional |
10 |
20 |
30 |
40 |
40 |
40 |
|
Memfasilitas dosen menjadi pembicara di Seminar Internasional |
Jumlah dosen manajemen pembicara seminar internasional |
12 |
15 |
17 |
20 |
25 |
30 |
|
Peningkatan kualitas tugas akhir (skripsi) |
Melakukan evaluasi topik dan metode penelitian |
Jumlah evaluasi topik dan metode tiap semester |
1x |
2x |
2x |
3x |
3x |
4x |
Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian |
Meningkatkan intensitas penelitian |
Jumlah judul penelitian |
70 |
70 |
75 |
75 |
80 |
80 |
Meningkatkan Jumlah Penelitian yang dipublikasikan secara nasional |
Jumlah Publikasi Nasional |
25 |
30 |
40 |
45 |
55 |
65 |
|
Meningkatkan Jumlah Penelitian yang dipublikasikan secara internasional |
Jumlah Publikasi Internasional |
10 |
15 |
20 |
30 |
40 |
50 |
|
Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen |
Jumlah penelitian |
15 |
17 |
20 |
23 |
25 |
30 |
|
Mendorong dosen untuk melakukan publikasi hasil peneltian di jurnal nasional |
Jumlah penelitan dosen manajemen yang dipublikasi tingkat nasional |
30 |
40 |
50 |
60 |
70 |
80 |
|
Mendorong dosen untuk melakukan publikasi hasil penelitian di jurnal internasional |
Jumlah penelitan dosen manajemen yang dipublikasi tingkat internasional |
10 |
12 |
15 |
17 |
20 |
25 |
|
Peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat |
Meningkatkan intensitas pengabdian kepada masyarakat |
Jumlah pengabdian |
8 |
10 |
15 |
17 |
20 |
25 |
Pengembangan publikasi program studi |
Mengembangkan website prodi |
Jumlah akses website per tahun |
30.000x |
45.000x |
60.000x |
80.000x |
100.000x |
>100.000x |
Mendorong dosen pubilkasi tulisan di koran |
Jumlah tulisan yang publikasi di koran |
10 |
15 |
20 |
25 |
30 |
35 |
|
Peningkatan kerjasama program studi |
Meningkatkan kerjasama dalam negeri |
Jumlah kerjasama |
18 |
25 |
30 |
35 |
40 |
45 |
Meningkatkan kerjasama luar negeri |
Jumlah kerjasama |
6 |
8 |
10 |
12 |
14 |
16 |
Menyikapi kondisi pandemic Corona Virus Disease–2019 (COVID-19) yang diikuti dengan kebijakan physical distancing dan pembatasan pergerakan manusia dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, maka kegiatan Asesmen Lapangan (AL) yang pada keadaan normal dilaksanakan melalui kunjungan ke Perguruan Tinggi menjadi tidak dapat dilakukan. Sehubungan dengan itu, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan kegiatan Asesmen Lapangan (AL) tahun 2020
-
Strategi Menristek Dikti Agar PTN Masuk 500 Besar Dunia
Liputan6.com, Surabaya - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggandeng tiga kementerian untuk membahas kendala yang dialami Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam meraih target masuk dalam daftar 500 besar universitas di dunia.
-
Guru Besar yang Tidak Publikasi Karya Ilmiah Tidak Dapat Tunjangan
Yogyakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, meminta para guru besar di semua perguruan tinggi di Indonesia wajib mempublikasikan karya ilmiah. Bila tidak dilakukan, Kemenristekdikti akan menghentikan sementara tunjangan kepada guru besar yang bersangkutan
Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Indonesia (Kemenristekdikti) kondisi pendidikan tinggi di Indonesia memang sudah mengalami loncatan besar beberapa tahun belakangan. Namun, masih jauh dari ambisi Nawacita. Ada beberapa peran di luar pemerintah yang harus ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.
-
Menristekdikti: global kompetisi Indonesia sudah meningkat
Makassar (ANTARA News) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, global kompetisi Indonesia sudah meningkat dari posisi 41 pada 2015 menjadi posisi ke-36 dari 137 negara pada 2017.
-
Jokowi: Jurusan Kuliah Jangan Itu-itu Saja!
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tantangan kepada Universitas Padjadjaran saat orasi dalam Puncak Peringatan Dies Natalis ke-60 Unpad di Graha Sanusi Hardjadinata, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (11/9/2017).
Pilihan Pembaca
- Paling Populer
- Urutan
- Judul
Pemahaman Visi-Misi S1 Manajemen
Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Pemahaman Visi Misi S1 Prodi Manajemen FEB ULM
Evaluasi Diri Lulusan S1 Manajemen FEB ULM
Klik disini untuk mulai Mengisi Kuisioner Evaluasi Diri Calon Lulusan S1 Prodi Manajemen FEB ULM
Tracer Alumni S1 Manajemen
Silahkan klik disini untuk mengisi Kuisioner Tracer Studi Alumni S1 Prodi. Manajemen FEB ULM
7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses
Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...
Sejarah
Perkembangan Pendidikan Tinggi di Kalimantan Selatan dimulai dengan berdirinya Akademi Perniagaan ...
Suasana Akademik
Banjarmasin sebagai salah satu kota di Kalimantan menawarkan berbagai aktivitas kebudayaan mulai ...
Lambung Mangkurat Medical Center (LMMC)
Lambung Mangkurat Medical Center ini berguna apabila ada mahasiswa atau civitas akademika ULM yang ...
Visi, Misi dan Tujuan
VISI Tanggal 8 Juni 2017 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung ...
Kurikulum, Profil & Kompetensi Lulusan S1 Prodi. ...
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, ...
Fresh Graduate, Ini 6 Cara agar Tak Frustrasi ...
Liputan6.com, Jakarta - Bagi para lulusan baru atau fresh graduate, proses cari kerja sering ...
"Golden Year" Berwirausaha
Berapa umur terbaik untuk mulai berwirausaha? 20 tahun hingga menjelang usia 30 tahun. Itu ...
1-6 November 2017 : Peringatan Harlah FEB ULM ke ...
bertempat di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.
16-17 September 2020 : Asesmen Lapangan secara ...
Pelaksanaan Penilaian Akreditasi S1 Program Studi Manajemen FEB ULM akan dilaksanakan selama 2 hari ...
24 - 26 Oktober 2017 : Workshop Penulisan Artikel ...
Bertempat di lantai II Kapuas Room Hotel Aria Barito Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas ...
4 Strategi Bisnis yang Cocok untuk Usaha Kecil ...
Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan sebuah bisnis tentunya bertujuan agar kelak bisnis tersebut ...
6 Kesalahan yang Sering Bikin Bisnis Gagal di ...
Liputan6.com, Jakarta - Pasti Anda pernah membaca daftar orang terkaya di dunia. ...
7 Tips Bangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses
Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pengusaha atau wirausaha, tujuan utama memiliki bisnis ...
Tips Bisnis
Unit Layanan Publik FEB ULM
Tips Bekerja
Survei Civitas Akademika
Trending Topik
Video Profil Prodi Manajemen
- Indicators
- Winners
- Losers